Skripsi ” Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Minuman Teh Kemasan Kotak (Studi di Universitas Brawijaya, Malang) ”

SKR-FP-Sosek -2013-328 Rista Nella Wahyuni  0910440309 Faktor faktor yang mempengaruhi pembelian minuman the kemasan kotak (Studi di universitas Brawijaya Malang )  Agribisnis Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS Silvana Maulidah SP MP 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Minuman Teh Kemasan Kotak

(Studi di Universitas Brawijaya, Malang)

Factors that Influence the Purchasing of Carton Packed Tea Drink

(Study at Brawijaya University, Malang)

Rista Nella Wahyuni*) Nuhfil Hanani**) Silvana Maulidah**)

*) Mahasiswa Sarjana Ekonomi Pertanian, Program Sarjana, Universitas Brawijaya, Malang

**) Komisi Pembimbing, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang

 

 

ABSTRACT

When consumer purchase the carton packed tea drink, they have some consideration such as product atributtes and factors that influence the purchasing of the product. The appearance of carton packed tea drink product makes consumers consume tea easily. One of the carton packed tea drink’s consumers is college student. Because we often find them consume it in the college area. The purposes of this research 1) analysing the product attributes which are considered in purchasing of carton packed tea drink, 2) analysing the factors that influence the purchasing of carton packed tea drink and 3) analysing the most dominant factor that influence the purchasing of carton packed tea drink. The analysis method used are Cochran Q test and dummy multiple linear regression. The result of this research 1) carton packed tea drink attributes which are used as the consideration in the purchasing are brand name, practicality, product information, cleanliness, flavour, volume, proce and tea aroma, 2) brand name, pocket money, and price are the factors which has the real effect in purchasing of carton packed tea drink, and 3) the most dominant factor in purchasing of carton packed tea drink is pocket money.

Keywords : carton packed tea drink, product attributes, purchasing, cochran q test, dummy multiple linear regression

ABSTRAK

Dalam pembelian minuman teh kemsan kotak, konsumen mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain adalah atribut produk yang melekat pada produk, maupun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian. Munculnya produk minuman teh kemasan kotak dapat memudahkan konsumen untuk mengkonsumsi teh. Salah satu konsumen minuman teh kemasan kotak adalah mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan seringnya menemui mahasiswa yang sedang mengkonsumsi minuman teh kemasan kotak di daerah kampus. Tujuan penelitian ini 1) menganalisis atribut produk yang dipertimbangkan dalam pembelian minuman teh kemasan kotak, 2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian, dan 3) menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelian minuman teh kemasan kotak. Metode yang digunakan adalah Cochran Q test dan regresi linier dummy variabel. Hasil peneltian ini 1) atribut produk minuman teh kemasan kotak yang dijadikan pertimbangan dalam pembelian adalah nama merek, kepraktisan kemasan, informasi produk, kebersihan isi, rasa, volume/isi, harga dan aroma teh, 2) faktor-faktor yang  secara nyata mempengaruhi pembelian minuman teh kemasan kotak adalah nama merek, uang saku dan harga, dan 3) faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelian adalah uang saku.

Kata Kunci : minuman teh kemasan kotak, atribut produk, pembelian, cochran q test, regresi linier dummy variabel

This entry was posted in PUSTAKA, Skripsi FPUB. Bookmark the permalink.